Thursday, 5 February 2015

PROPOSAL SARANA OLAHRAGA




P R O P O S A L
BANTUAN  SARANA PRASARA OLAHRAGA
DAN KESENIAN
SD NEGERI PAMEUNGPEUK
KECAMATAN CISARUA KABUPATEN BANDUNG BARAT
TAHUN 2015

A. Latar Belakang

Dalam pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia Tahun  1945 dinyatakan bahwa salah satu tujuan Negara Republik Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan untuk itu setiap warga negara Indonesia berhak memperoleh pendidikan yang bermutu sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya tanpa memandang status sosial, ras, etnis, agama. Pemerataan dan mutu pendidikan akan membuat warga negara Indonesia memiliki Keterampilan Hidup (Life Skills) sehingga memiliki kemampuan untuk mengenal dan mengatasi masalah diri dan lingkungannya, mendorong tegaknya masyarakat madani dan modern yang dijiwai nilai-nilai Pancasila.
Upaya untuk membangun manusia seutuhnya sudah menjadi tekad pemerintah, namun selama ini pembangunan pendidikan nasional belum mencapai hasil sesuai yang diharapkan.
Peningkatan mutu pendidikan adalah bagian integral dari proses pengembangan sumber daya manusia yang harus dilakukan terus menerus, terarah dan intensif agar dapat menghasilkan manusia-manusia Indonesia yang siap memasuki dan berkompetensi dalam era globalisasi. Untuk menjamin terselenggaranya proses pendidikan yang bermakna, menyenangkan, dan memberdayakan sesuai dengan tuntutan karakteristik mata pelajaran, pertumbuhan dan perkembangan peserta didik, maka sangat diperlukan adanya sarana dan Prasarana Olahraga dan Kesenian yang memadai.
SD Negeri Pameungpeuk Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat, merupakan Sekolah yang mempunyai nilai sejarah, hal ini dapat di buktikan dengan masih kokohnya gedung sekolah sebanyak 3 ruang kelas sejak pendirian dan pembangunannya pada masa penjajahan Belanda di Indonesia yaitu di bangun pada tahun 1912 silam. Telah banyak lulusan yang berhasil dan mengabdi di Pemerintahan, Swasta maupun di masyarakat, dengan keterbatasan sarana Prasarana Olahraga, kesnian dan pendukung media pembelajaran lainnya, hal ini mutlak  sangat diperlukan guna untuk kelancaran proses belajar di SD Negeri Pameungpeuk Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat, dengan adanya penambahan peralatan Olahraga dan kesenian  diharapkan SD Negeri Pameungpeuk  dapat meningkatkan mutu layanan pendidikan terhadap masyarakat.
Peningkatan mutu pendidikan merupakan tanggung jawab bersama, maka kami selaku pihak sekolah sangat mengharapkan permohonan bantuan berupa perlengkapan sarana olahraga dan perlengkapan kesenian, ini dapat direalisasikan dan dikabulkan guna dapat meningkatkan mutu pendidikan yang kita harapkan bersama sesuai dengan Visi, Misi dan Tujuan Sekolah yaitu Sekolah Dasar Negeri Pameungpeuk Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat.

1.      Tujuan
Tujuan dari proposal ini adalah untuk mendapatkan bantuan  berupa Kelengkapan  Sarana dan Prasarana Olahraga, serta kelengkapan kesenian  SD Negeri Pameungpeuk  guna  kelancaran kegiatan belajar mengajar demi tercapainya peningkatkan mutu  pendidikan.

2.      Manfaat
Dengan adanya bantuan  berupa  Sarana, Prasarana Olahraga dan Alat kesenian  ini, dapat meningkatkan proses belajar mengajar di  SD Negeri Pameungpeuk Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat khususnya dalam mata pelajaran ( Bidang studi ) Olahraga dan kesenian untuk  ekstrakurikuler dan pengembangan diri siswa serta untuk meningkatkan mutu pendidikan di SD Negeri Pameungpeuk  guna tercapainya Visi , Misi, dan Tujuan yang telah ditetapkan oleh sekolah.

B. PROFIL SEKOLAH

Profil Sekolah terlampir

C. VISI DAN MISI SEKOLAH


A. Visi
Membentuk siswa yang berbudi unggul dalam prestasi berlandaskan IMTAQ dan IPTEK
B. Misi
1. Memiliki kepribadian iman, ilmu, dan amal
2. Meningkatkan mutu dan prestasi keilmuan
3. Menumbuhkan kreativitas siswa ke arah positif dan berkelanjutan
4. Menanamkan dasar-dasar iptek melalui pendidikan komputer dan sains
5. Menciptakan suasana sekolah agamis

TUJUAN SEKOLAH
  1. Meningkatkan Iman, Takwa, dan berakhlak mulia
  2. Berpikir secara logis, kritis, kreatif, inovatif dalam memecahkan masalah serta berkomunikasi melalui berbagai media
  3. Tekun, Ulet membangun dan rela berkorban demi mengangkat  citra pendidikan
  4. Serius dalam belajar demi meraih cita-cita dan mewujudkan Visi dan Misi Sekolah
  5. Beraktivitas demi memenuhi dan menjunjung tinggi norma-norma yang ada dilingkungan sekolah
  6. Taat dan patuh terhadap aturan yang berazaskan kebudayaan dan menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila
  7. Menata pengelolaan pendidikan yang semakin efisien, produktif, dan demokratis dalam suatu tata kelola yang baik dan akuntabel
  8. Mampu mengaktualisasi diri dalam berbagai seni, olahraga sesuai pilihan
  9. Unggul dalam kebersihan dan penghijauan sekolah serta memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab
Percermatan Lingkungan Internal dan Eksternal (PLI & PLE) / Analisis SWOT
Kekuatan ( Strength)
1.      Tanah dan bangunan adalah milik pemerintah Desa ( Hak guna pakai )
2.      Letak sekolah strategis jalur alternatif dan dekat dengan Pemerintahan Kabupaten Bandung Barat.
3.      Bangunan sekolah seluruhnya permanen
4.      Adanya Tenaga pendidik yang cukup memadai (S.1 & S.2)
5.      Lingkungan sekolah yang kondusif dan aman
6.      Motivasi orang tua untuk menyekolahkan anaknya cukup tinggi
7.      Perhatian pemerintah pada pendidikan  sangat tinggi.
Kelemahan ( Weakness )
1.      Kemampuan dan profesionalisme guru yang belum merata,
2.      Sarana dan Prasarana Olahraga serta kesenian belum memadai,
3.      Pendanaan Sekolah yang Belum memadai
4.      Input siswa yang masih rendah
5.      SDM yang ada kurang memiliki Skill IPTEK
6.      Kreativitas dan produktivitas guru dan pegawai masih rendah dan terbatasnya dana untuk pelatihan.
Peluang (Opportunities)
1.      Adanya kebijakan otonomi Sekolah (MBS)
2.      Apresiasi masyarakat terhadap SDN Pameungpeuk yang cukup tinggi,
3.      Adanya keinginan seluruh komponen sekolah untuk meningkatkan kualitas diri sendiri dan sekolah,
4.      Kemampuan profesionalisme guru masih dapat ditingkatkan
5.      Adanya Komitmen pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui peningkatan SDM tenaga pendidik dan kependidikan
Ancaman (Treaths)
1.        Perkembangan era globalisasi di bidang pendidikan dan pengembangan IPTEK yang mengharuskan guru tanggap dengan perkembangannya,
2.        Persaingan daya tampung sekolah yang cukup tinggi
3.        Profesional guru dalam era globalisasi pendidikan dan Iptek masih rendah

Dari pencermatan faktor-faktor di atas dapat diambil beberapa pemikiran dan alternatif pemecahan masalah sebagai berikut :
  1. Meningkatkan dan memperkuat iman dan takwa serta budi pekerti luhur dikalangan warga sekolah sehingga dapat menjadi contoh dan panutan bagi warga masyarakat
  2. Meningkatkan kualitas sumber daya tenaga pendidik dan kependidikan yang ada sehingga mampu menjawab globalisasi pendidikan dan IPTEK
  3. Meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat
  4. Meningkatkan promosi sekolah melalui kegiatan ekstrakurikuler dan keterampilan siswa
  5. Meningkatkan dan melengkapi sarana pembelajaran sekolah
D. PENUTUP
            Demikianlah proposal permohonan bantuan Sarana dan Prasarana Olahraga dan Kesenian SD Negeri Pameungpeuk  Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat Tahun Anggaran 2015 ini kami buat, dengan harapan agar terkabulnya proposal ini demi untuk peningkatan dan kelancaran proses pembelajaran dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan nasional khususnya di SD Negeri Pameungpeuk Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat..


Bandung Barat,  2 Maret  2015
Kepala SDN Pameungpeuk




E. Suhendra,S.Pd
NIP. 1965 0121 1986 10 1003













 

Wednesday, 4 February 2015

KEGIATAN PRAMUKA


PROPOSAL BANTUAN DANA SDN PAMEUNGPEUK


RENCANA KEGIATAN LATIHAN PRAMUAKA

A. PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Pendidikan yang diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka merupakan pendidikan Ektrakurikuler wajib di SDN Pameungpeuk yang dilakukan dalam bentuk kegiatan yang menarik di kalangan anak didik, yang pada hakekatnya merupakan kegiatan dari mereka dan di pimpin sendiri oleh mereka, dengan pengawasan dan tanggung jawab orang dewasa atau para Pembina Pramuka dalam hal ini adalah guru.
Tugas Pembina mengusahakan agar kegiatan-kegiatan yang dibuat, dilaksanakan dengan banyak praktek, dan disesuaikan dengan perkembangan rohani dan jasmani anak didik sehingga tidak membosankan.
Bahwa akhir-akhir ini kegiatan pramuka di gugus depan cenderung membosankan dan banyak kegiatan yang di laksanakan dengan metoda Class room, hal itu sangat tidak sesuai dengan Scout Spirit yang di bawa oleh Baden Powell.
Sehubungan dengan itu maka Gugus Depan SDN Pameungpeuk bermaksud mengadakan Kegiatan latihan Pramuka dengan metode-metode yang menarik, menantang dan bersifat memotivasi anak-anak sehingga anak didik merasa penasaran tertarik dan tidak membosankan.
2. Dasar pemikiran
a. Anggaran Dasar Gerakan Pramuka
b. Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka
c. Program Kerja Gugus Depan SDN Pameungpeuk
d. Rapat Pengurus  Gugus Depan SDN Pameungpeuk

3. Maksud Dan tujuan
a. Memberikan pengalaman kegiatan kepada peserta didik di tingkat Gugus Depan
b.MerealisasikanProgram Gugus Depan
c. Menanamkan  kedisiplinan,giat, kreatif dan Inovatif.
d. Menggali bakat, minat dan karakter anak masing-masing.

4. Sasaran
Sasaran yang ingin dicapai adalah menggairahkan kembali kegiatan Pramuka di Gugus Depan SD Negeri Pameungpeuk

B. KHUSUS
1. Nama Kegiatan
Nama Kegiatan ini adalah “ LATIHAN PRAMUKA

2. Tema
MENYONGSONG MASA DEPAN YANG LEBIH CEMERLANG

3. Motto
PRAMUKA DAMBAAN DAN HARAPAN  ANAK-ANAK, PRAMUKA KEBANGGAAN SD PAMEUNGPEUK

4. Waktu dan Tempat

Waktu Pelaksanaan  : Setiap Hari Sabtu,   jam 11.00 s/d 13.00 WIB
Setiap bulan hari sabtu  minggu ke 1 latihan keluar jam 8.00-selesai

Tempat Pelaksanaan: SD Negeri Pameungpeuk

5. Bentuk Kegiatan
Kegiatan yang dikemas dalam latihan ini adalah siswa akan lebih banyak mendapatkan teori dan kegiatan diluar lebih banyak praktek dan mengenal alam secara langsung. Disamping itu kegiatan ini lebih dititik beratkan kepada kemandirian  dan karakteritis siswa.
6. Peserta
Peserta adalah seluruh siswa siswi SDN Pameungpeuk anggota Pramuka siaga maupun Penggalang . syarat  kegiatan latihan tersebut adalah :
a. Setiap latihan diharuskan memakai pakaian seragam pramuka lengkap.
b. Mengikuti latihan dari awal sampai akhir
c. Mau mentaati tata tertib kegiatan latihan

7. Penyelenggara Latihan :
a. Penanggung Jawab                         : Kepala Sekolah  E. Suhendra,S.Pd ( Mabigus )
b.Pembina Penggalang Purta              : Gunawan, S Pd
c.Pembina penggalng Putri                 : Lisda Dewiningsih,M Pd
d.Pembina Siaga Putra                        : Ato Sukendar,S Pd
e.Pembina Siaga Putri                         : Dedeh Sumardiah,S Pd
f.Pembina latihan                                : Semua guru
g.Pelaksanaan latihan mekanismenya diatur kemudian oleh Pembina pramuka.

8. Jadwal Latihan Semester I.

No.
Bulan
Minggu
Tanggal
Mulai Jam
Selesai Jam
Tempat Latihan
Keterangan
1.







2.







3.







4.







5.







6.







7.







8.







9.







10.







11.







12.







13.







14.







15.








9. Tugas dan Tanggungjawab Pelaksana.
A. Penanggungjawab latihan ( Mabigus ) :
a. Memberi nasehat kepada pembina pelaksana baik diminta maupun tidak diminta
b. Memberi dukungan dengan motivasi untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan latihan.
c. Menjadi penanggung jawab kepada instansi Terkait .
d. Memberi contoh dalam setiap latihan, terutama dalam pakaian seragam pramuka.
B. Pembina penggalang maupun siaga
a. Mengatur dan menggerakan semua sistem yang dibuat untuk melaksanakan latihan.
b. Mengawasi semua sistem agar program latihan berjalan lancar.
c. Menyiapkan perangkat yang akan digunakan dalam latihan.
d. Mengatur perencanaan dan pelaksanaan kegiatan latihan.
e. Memberi contoh agar memakai seragam peramuka lengkap.
D. Pembina Latihan :
a.  Melatih dan membina siswa dengan penuh tanggung jawab.
b. Menyiapkan materi yang akan disampaikan sesuai petunjuk dan jadwal.
c. Memakai pakaian seragam pramuka lengkap sesui jadwal yang telah ditentukan

PENUTUP
Demikian rencana kegiatan Pendidikan latihan semester I dan II tahun pelajaran 2014-2015 kami buat, dengan harapan kegiatan ini akan berjalan dengan baik dan tanpa halangan apapun.

                     Cisarua, 1 Juli  2014
                                                                     Mengetahui Kepala Sekolah
                                                                               Selaku Mabigus


                                                                            E. Suhendra,S Pd
                                                                  NIP. 1965 0121 1986 10 1003