PROFIL SD
NEGERI PAMEUNGPEUK
TAHUN
PELAJARAN 2014 – 2015
BAB I
PENDAHULUAN
- Sejarah Sekolah/Latar Belakang Sekolah
Sekolah
Dasar Pameungpeuk didirikan pada tahun 1912 terdiri dari tiga ruangan kelas yaitu peninggalan pemerintah
Hindia-Belanda dengan lantai ubin, dinding bilik bambu, rangka bangunan kayu raksamala,
pintu dan jendela terbuat dari jati dengan ukuran kelas masing-masing 36m2,
dengan nama Vervoleg School (Sekolah Rakyat) sekarang Sekolah Dasar. Kemudian
dibangun lagi tahun 1981 sebanyak 4 ruangan, tahun 1989 dibangun 3 ruangan
sehingga menjadi 10 ruangan kelas. Pada tahun 2012 Sekolah Dasar Pameungpeuk
mendapatkan 1 ruang tambahan untuk bangunan Perpustakaan, masih pada tahun yang
sama SDN Pameungpeuk mendapatkan rehab sebanyak 3 ruangan kelas untuk bangunan
Induk yang semula dindingnya dengan bambu atau bilik diganti dengan menggunakan
bata Expos setengah badan bangunan, tetapi tiang penyangga masih tetap
mempertahankan kayu yang dulu karena masih layak untuk dipakai,selain itu pula
demi melestarikan bangunan yang lama supaya masih Nampak bangunan jaman dulu.
Ditambah lagi rehab ruang kelas sebanyak 5 ruangan dari alokasi dana DAK yang
diperuntukan bangunan 3 ruang yang ada di belakang bangunan Induk dan 2 ruangan
lagi di buat lantai diatasnya, sehingga sampai saat ini ruangan kelas yang ada
menjadi 12 ruangan dengan 2 lantai diatas. Pada tahun 2013 di awal tahun
Pelajaran 2013-2014 SDN Pameungpeuk mendapat rehab ringan sebanayk 2 ruangan kelas, salah satu kelasnya
adalah merubah rumah dinas yang sudah tidak layak untuk dipergunakan maka di
jadikan untuk ruangan kelas baru demi memenuhi kekurangan ruangan kelas
sebanayak 1 ruangan.
1.
Nama Sekolah : SDN Pameungpeuk
2.
Alamat : Jl.
Pasirhalang No.28
Ds. Pasirhalang Kec. Cisarua
Kabupaten Bandung Barat
Provinsi
Jawa Barat
Telepon :
022-2700928
E-mail :
sdsnpameungpeuk@gmail.com
Website : http//www.sdsnpameungpeuk.blogspot.com
3.
Status
Sekolah :
Negeri / RSSN
4.
Tahun Didirikan :
1912
5.
Tahun beroperasi :
1912
6.
Kepemilikan Tanah :
Pemerintah Desa Pasirhalang
7.
Luas tanah : 1.714 m2
8.
Status Tanah :
Hak Guna Pakai
9.
Luas
bangunan : 451 m2
10. Rehab terakhir pada tahun : 2013
11. NSS / NSM / NDS : 101020802029
12. NSP :
20205401
13. NSB :
0092931203006601
Riwayat kepala
sekolah yang pernah bertugas di SD Negeri Pameungpeuk :
- … bertugas dari tahun 1912-1922
- … bertugas dari tahun 1922-1948
- Nata Dana Sasmita bertugas sampai tahun 1948-1951
- Ewo bertugas dari tahun 1951-1954
- Atma Wijaya bertugas dari tahun 1954-1965
- Adjid Sumantadinata bertugas dari tahun 1965-1967
- Sutarya Hidayat bertugas dari tahun 1967-1976
- Mimin Sumarni bertugas dari tahun 1976-1994
- Drs. D. Rudiatna bertugas dari tahun 1994- 2011
10.
Koswara S.Pd bertugas
dari tahun 2011- 2012
11.
Lalah
Rumilah, S Pd bertugas dari tahun 2012 – 2014
12.
Engkos
Suhendra,S.Pd bertugas dari tahun
2014 - sekarang
- Visi
Kami sepakat untuk lima tahun ke depan
mempunyai visi sekolah “Mewujudkan manusia yang bertakwa kepada Allah SWT, terciptanya
Insan yang berbudi pekerti luhur , berakhlak mulia, terampil, mandiri dan mampu
berprestasi.”
C. Misi
Kami juga mengemban misi :
1.
Memberikan
pelayanan pendidikan agama secara maksimal sesuai dengan usia anak
2.
Membiasakan siswa
hidup bersih dan sehat
3.
Menanamkan
kedisiplinan di sekolah dan di rumah
4.
Bertingkah
laku sopan terhadap sesama siswa dan guru.
5.
Berkepribadian
terpuji
- Strategi
1.
Penataan
struktur organisasi sekolah yang terorganisir
2.
Peningkatan
prestasi hasil belajar siswa
3.
Meningkatkan
profesionalisme tenaga pendidik dalam rangka peningkatan sumber daya manusia
4.
Meningkatkan
hubungan kerja sama antara sekolah, masyarakat dan stick holder lainnya melalui
komite sekolah.
E. Tujuan
Sekolah
bertujuan menjadikan siswa mandiri, beriman, bertakwa dan berprestasi setelah
lulus dari SD Negeri Pameungpeuk.
- Sasaran
Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di
Desa Pasirhalang khususnya, dan di Kecamatan Cisarua pada umumnya. Anak yang
berusia tujuh sampai dengan dua belas tahun, wajib memperoleh pendidikan dasar,
baik yang mampu, yang kurang mampu, maupun yang tidak mampu.
Memeberi
pemahaman kepada masyarakat bahwa pendidikan itu adalah penting selain itu
pula, program pemerintah wajib belajar 9 tahun harus berhasil demi terciptanya
masyarakat yang berpendidikan minimal pendidikan SLTP untuk menopang
terciptanya Negara Indsonesia yang lebih maju.
BAB II
ANALISIS SWOT
- Sumber Daya Manusia
1. Tenaga Pendidik dan Pengajar
Ø Kekuatan
Jumlah Guru/Staf
|
Keadaan Sekarang
|
Kebutuhan
|
Kekurangan
|
Keterangan
|
||
PNS
|
Guru Tidak Tetap/Non PNS
|
Jumlah
|
||||
Guru Tetap/Guru Kelas
|
8
|
4
|
12
|
16
|
4
|
-
|
Guru PJOK
|
2
|
-
|
2
|
2
|
-
|
|
GURU PAI
|
-
|
2
|
2
|
2
|
-
|
|
Guru Bahasa Inggris
|
-
|
1
|
1
|
2
|
1
|
|
Guru SBK
|
-
|
-
|
-
|
2
|
2
|
|
Guru Perpustakawan
|
-
|
1
|
1
|
2
|
1
|
|
Staf Tata Usaha
|
-
|
1
|
1
|
2
|
2
|
|
Penjaga
|
1
|
-
|
1
|
2
|
1
|
|
JUMLAH
|
11
|
9
|
20
|
30
|
11
|
Daftar tenaga pengajar
No
|
Nama
|
NIP
|
Tanggal Lahir
|
Jabatan |
1
|
E.
Suhendra,S Pd
|
196501211986101003
|
21-01-1965
|
Kepala Sekolah
|
2
|
Ato
Sukendar, S.Pd
|
196311131983051003
|
13-11-1963
|
Guru Kelas
|
3
|
Dedeh
Sumardiah,S.Pd
|
196308041986032009
|
04-08-1963
|
Guru Kelas
|
4
|
Lilis
Ratningsih, S.Pd SD
|
196405211984102001
|
21-05-1964
|
Guru Kelas
|
5
|
Gunawan,
S.Pd
|
196510031986101001
|
03-10-1965
|
Guru PJOK
|
6
|
Acep
SupriatnaS,PdI
|
196502211988031005
|
20-02-1965
|
Guru Kelas
|
7
|
Eulis
Solihat, S.Pd
|
196309021988032003
|
02-09-1963
|
Guru PJOK
|
8
|
Lisda Dewiningsih, S.Pd,
M.Pd
|
197008212002122001
|
21-08-1970
|
Guru Kelas
|
9
|
Neni Puspa
Anggraeni,S.Pd
|
197104252007012004
|
25-04-1970
|
Guru Kelas
|
10
|
Jasara,A.Ma.Pd
|
Guru Kelas
|
||
11
|
Nani
Yuningsih,A.Ma.Pd
|
Honorer-
|
08-07-1973
|
Guru Kelas
|
12
|
N.Maesyaroh,S.Ag
|
Honorer
|
08-11-1976
|
Guru PAI
|
13
|
Yeyen
Jazirah, S.Pd
|
Honorer
|
30-07-1978
|
Guru Bhs. Inggris
|
14
|
Ai
Rukmini, S.PdI
|
Honorer
|
15-06-1978
|
Guru PAI
|
15
|
Devi Indri
Yati,S.Pd
|
Honorer
|
Guru Kelas
|
|
16
|
Reni
NuraeniS.Pd
|
Honorer
|
Guru Kelas
|
|
17
|
Risti Diah
Ulfah,S.Pd
|
Honorer
|
Guru Kelas
|
|
18
|
Santana
Miharja,S.PdI
|
Honorer
|
TU / Operator
|
|
19
|
Nurachma
Hesti K
|
Honorer
|
Pustakawan
|
|
20
|
Iwon
Suryana
|
196712121988071001
|
13-10-1967
|
Guru Bhs. Inggris
|
Pendidikan Tenaga Pengajar
Ijazah
Tertinggi
|
Jumlah
|
|||
Guru
Tetap
|
Guru
Tidak Tetap
|
Tenaga
Tata Usaha
|
Penjaga
Sekolah
|
|
S3/S2
|
2
|
-
|
-
|
-
|
S1
|
10
|
5
|
1
|
-
|
D3/D2/D1
|
2
|
-
|
-
|
|
SLTA
|
-
|
-
|
-
|
|
SLTP
|
-
|
-
|
-
|
-
|
SD
|
-
|
-
|
-
|
1
|
JUMLAH
|
12
|
7
|
1
|
1
|
Ø Kelemahan
1.
Tenaga
pendidik yang Definitif masih kekurangan,
2.
Ada enam orang guru
yang yang masih
tenaga honr sekolah.
3.
Jumlah rombongan belajar tidak sesuai dengan jumlah tenaga pengajar.
4.
Masih kurang guru yang definitif sebanyak lima orang.
5.
Tenaga administrasi dan
perpustakaan masih honor sekolah.
Ø Ancaman
Pendidik dan tenaga kependidikan yang masih
honorer sewaktu-waktu bisa saja mengundurkan diri atau pindah, sehingga sekolah ini otomatis akan kekurangan
guru, maupun
tenaga kependidikan yang lainnya sedangkan
kapasitas murid, dan intensitas pelayanan semakin banyak.
Ø Peluang
Guru bisa mengajar dengan tenang, apabila guru honor diangkat menjadi
PNS di tempat dia mengajar. Guru mencukupi untuk tiap kelas, namun untuk
pengembangan mata pelajaran muatan lokal, pengembangan bakat dan minat siswa
sangat memerlukan guru terutama guru kesenian atau SBK
2. Siswa
Ø
Kekuatan
Data Siswa 3 (tahun ) Terakhir
Tahun
Kelas
|
2011/2012
|
ROmbel
|
2012/2013
|
ROmbel
|
2013/2014
|
ROmbel
|
||||||
L
|
P
|
Jumlah
|
L
|
ROmbel
|
Jumlah
|
L
|
P
|
Jumlah
|
||||
1
|
53
|
46
|
99
|
3
|
39
|
47
|
86
|
3
|
39
|
44
|
83
|
3
|
2
|
49
|
39
|
88
|
2
|
50
|
47
|
97
|
3
|
50
|
47
|
97
|
3
|
3
|
35
|
36
|
71
|
2
|
47
|
37
|
84
|
2
|
47
|
37
|
84
|
2
|
4
|
44
|
36
|
80
|
2
|
32
|
37
|
69
|
2
|
32
|
37
|
69
|
3
|
5
|
56
|
43
|
99
|
2
|
45
|
38
|
83
|
2
|
45
|
38
|
83
|
2
|
6
|
34
|
31
|
65
|
2
|
52
|
44
|
96
|
3
|
52
|
44
|
96
|
3
|
Jumlah
|
271
|
231
|
502
|
13
|
265
|
250
|
515
|
15
|
499
|
16
|
Ø
L = Laki-laki, P = Perempuan
Prestasi Hasil UAN/Ujian Akhir
Tahun
|
Matematika
|
B.Indonesia
|
IPA
|
IPS
|
PPKN
|
Rata-Rata
|
2010/2011
|
7,25
|
7,20
|
6,75
|
6,50
|
7,75
|
7,09
|
2011/2021
|
7,21
|
7,87
|
6,71
|
6,68
|
6.60
|
7,00
|
2012-2013
|
7,26
|
7,53
|
7,13
|
6,69
|
7,25
|
7,17
|
2013-2014
|
7,30
|
7,55
|
7,20
|
7,10
|
7,35
|
7,30
|
Angka Mengulang Kelas
Kelas
Tahun
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
Jumlah
|
2011/2012
|
7
|
7
|
1
|
-
|
-
|
-
|
15
|
2012/2013
|
2
|
1
|
1
|
-
|
-
|
-
|
4
|
2013-2014
|
2
|
2
|
-
|
4
|
|||
2014-2015
|
Ø
Kelemahan
Latar belakang orang tua siswa berpenghasilan
rendah, kebanyakan buruh tani, tidak mempunyai lahan sendiri, buruh tukang
musiman, pegawai pabrik terancam PHK.
Ø
Ancaman
1.
Siswa
terancam putus sekolah, dan memilih membantu orang tua mencari nafkah, menjadi
buruh tani daripada siswa yang meneruskan sekolah ke SMP atau sederajat sekitar
70%
2.
Guru
cenderung kesulitan mendidik siswa Karena ada jumlah siswa pada kelas
tertentu terlalu banyak
Ø
Peluang
Akan lebih banyak menampung siswa bila ada peningkatan
dalam proses belajar mengajar dan pengadaan sarana serta prasarana lebih
lengkap, karena siswa SDN Pameungpeuk yang ada sekarang ini cukup banyak.
- Sarana Prasarana
1.
Bangunan
Ø Kekuatan
Data ruangan
ruang
|
jumlah
|
Kondisi SEKARANG
|
Kebutuhan
|
Kekurangan
|
Ket
|
||
Baik
|
Sedang
|
Rusak
|
|||||
Kelas
|
13
|
12
|
1
|
-
|
16
|
3
|
|
Ruang
Kepala Sekolah
|
1
|
-
|
1
|
-
|
1
|
-
|
|
Ruang Guru
|
1
|
1
|
-
|
-
|
-
|
||
Ruang Tata
Usaha
|
1
|
1
|
-
|
-
|
1
|
-
|
|
Laboratorium
|
-
|
-
|
-
|
-
|
2
|
2
|
|
Perpustakaan
|
1
|
1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
Ruang UKS
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
1
|
|
WC murid
|
4
|
2
|
-
|
2
|
12
|
8
|
|
Gudang
|
1
|
-
|
-
|
-
|
1
|
1
|
|
Ruang
Pramuka
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
1
|
|
WC guru
|
2
|
-
|
2
|
-
|
4
|
2
|
Sekolah ini mempunyai 4 bangunan kelas, terdiri
dari 13 lokal dan 16 rombongan belajar sehingga kelas 1 dan kelas 2 A,B, C bergiliran.
Ø Kelemahan
Setelah melihat data diatas maka kami masih
memerlukan 3 ruangan kelas baru untuk terciptanya proses belajar mengajar yang
Ideal dan maksimal. Di tambah ruangan UKS dan Ruangan Khusus Pramuka dan
Kesenian, untuk WC anak khususnya masih sangat kurang karenai dilihat dari data
yang ada dari anak 496 orang hanya mempunyai WC 4 itupun sudah kurang layak
untuk dipergunakan Walaupun begitu
sekolah dan komite sekolah berusaha memperbaiki yang sudah ada dengan menggunakan dana dari pemerintah yaitu
dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) maka dengan demikian kami berharap banyak ada
kepedulian dari masyarakat dan Alumni SDN Pameungpeuk untuk berperanserta
secara langsung kebutuhan kami yang telah disampaikan tersebut diatas.
Ancaman
Segi keamanan belakang sekolah belum aman
dari kemungkinan terjadi pencurian asset sekolah, karena belum ada pembentengan
yang kokoh dan aman, dari segi kebersihan dan kesehatan karena kurangnya WC
anak sehingga anak-anak banyak yang membuang air kecil disembarang tempat,
untuk ruangan UKS , Pramuka dan Kesenian peralatan dan aktipitas tidak
terorganisi, baik peralatannya maupun kegiatannya dikarenakan tidak adanya
ruangan khusus.
Ø Peluang
Kami mengajukan proposal bantuan dana rehab dari
pemerintah terkait, baik tingkat pusat maupun daerah. Dan memohon kepedulian
dari masyarakat yang mampu khususnya alumni untuk membangun benteng dan
memperbaiki bangunan, WC anak dan ruangan khusus untuk UKS,Pramuka dan
kesenian.
2. Mebeler
Ø Kekuatan
Mebeler belum mencukupi karena meja belajar
dan bangku untuk satu kelas banyak kondisi yang rusak, dengan rincian :
Nama Barang
|
Baik
|
Sedang
|
Rusak
|
Jumlah
|
Bangku murid
|
100
|
90
|
160
|
350
|
Meja murid
|
60
|
25
|
90
|
175
|
Lemari
|
1
|
1
|
10
|
12
|
Meja guru
|
2
|
11
|
-
|
10
|
Kursi guru
|
2
|
6
|
-
|
8
|
Papan tulis
|
10
|
5
|
-
|
15
|
Kursi tamu
|
1
|
1
|
-
|
2
|
Rak
|
-
|
2
|
-
|
2
|
Loker
|
1
|
1
|
-
|
2
|
Komputer
|
4
|
-
|
1
|
5
|
Mesin Tik
|
-
|
1
|
-
|
1
|
Dispenser
|
1
|
-
|
-
|
1
|
Ø Kelemahan
Kami belum sepenuhnya memiliki meja guru,
lemari kelas, kursi guru, meja tamu yang memadai.
Ø Ancaman
Sekolah sulit untuk merapihkan
barang-barang bekas secara teratur sehingga kurang
tertata rapi Karena gudang sangat sempit.
Ø Peluang
Siswa merasa nyaman dan senang dalam belajar
apabila kondisi meja dan bangku dalam kondisi baik, sehingga prestasi siswa
bisa lebih meningkat.
3. Kurikulum/Buku-Buku Sumber
Ø Kekuatan
Kelas
|
Jumlah Buku
|
|||
Teks
|
Penunjang
|
Bacaan
|
Lain-lain
|
|
1
|
182
|
8
|
370
|
25
|
2
|
174
|
8
|
370
|
25
|
3
|
160
|
8
|
150
|
25
|
4
|
160
|
8
|
150
|
25
|
5
|
160
|
8
|
100
|
25
|
6
|
160
|
8
|
100
|
25
|
Total
|
996
|
48
|
1240
|
150
|
Alat Peraga
No
|
Jenis Alat
|
Unit
|
Jumlah
|
No
|
Jenis Alat
|
Unit
|
Jumlah
|
1
|
Kit IPA
|
Set
|
2
|
7
|
Peta Dinding Indonesia
|
Lbr
|
2
|
2
|
IPS
|
Set
|
1
|
8
|
Peta Dinding Propinsi
|
Lbr
|
-
|
3
|
Bahasa
|
Set
|
1
|
9
|
Peta Dinding Kab/Kota
|
Lbr
|
-
|
4
|
Matematika
|
Set
|
2
|
10
|
Alat Olahraga
|
Set
|
2
|
5
|
Peta Anatomi
|
Set
|
-
|
11
|
Alat Kertakes
|
Buah
|
2
|
6
|
Torso Manusia
|
Unit
|
2
|
12
|
Alat Pramuka
|
Set
|
2
|
Bahan-bahan ajar selalu diusahakan mengikuti
perkembangan pendidikan. Walaupun kurikulum berubah-ubah, kami selalu
menganggarkan untuk membeli buku bahan ajaran yang sesuai dengan kurikulum yang
telah ditetapkan oleh pemerintah, minimal untuk pegangan guru maksimal untuk
pegangan semua murid.
Ø Kelemahan
Karena kurikulum selalu berubah-ubah, maka
kami harus selalu membeli buku pelajaran yang sesuai dengan kurikulum terbaru,
walaupun kami sudah memiliki buku pelajaran pokok untuk siswa. Sumbangan dari
pemerintah, harus kami sesuaikan dengan kurikulum, dengan cara difotocopy
sendiri oleh sekolah.
Ø Ancaman
Dalam pelaksanaan KBM kurang maksimal karena
alat peraga yang digunakan sudah tidak bisa dipergunakan dengan maksimal.
Begitu juga buku pelajaran pokok harus selalu disesuaikan dengan kurikulum yang
baru. Selain itu, siswa yang tidak mampu membeli/memfotokopi akan menurun
prestasinya.
Ø Peluang
Sekolah saat ini sedang mengajukan bantuan
sarana dan prasarana untuk lebih meningkatkan prestasi sekolah, memberikan
bantuan alat tulis kepada siswa yang tidak mampu.
- Finansial
Ø Kekuatan
Latar Belakang Status Orang Tua Siswa
Jumlah
|
Pegawai Negeri/Polri
|
TNI
|
Karyawan Swasta
|
Petani
|
Pedagang Swasta
|
Wiraswasta
|
Lain-Lain
|
(%)
|
5,65
|
2
|
9,64
|
20
|
13,20
|
19,18
|
31,33
|
Latar Belakang Pendidikan Orang Tua Siswa
Jumlah
|
Tidak Sekolah
|
sd
|
sltp
|
slta
|
Perguruan Tinggi
|
Tidak Tahu
|
(%)
|
3,20
|
74,2
|
16,5
|
6,8
|
0,5
|
-
|
Kondisi Pendapatan Orang Tua Siswa per bulan
Jumlah
|
< Rp. 200.000
|
Rp. 200.000 – Rp. 400.000
|
Rp. 400.000 – Rp. 600.000
|
Rp. 600.000 – Rp. 1.000.000
|
Rp. 1.000.000 – Rp. 1.500.000
|
> Rp. 1.500.000
|
(%)
|
-
|
35,20
|
30,20
|
25,60
|
4,60
|
4,40
|
Sekolah kami mengunakan dana dari pemerintah,
dan kami limpahkan pada RAPBS. Untuk tahun
2014-2015 kami membutuhkan kurang lebih Rp. 403.320.000,- yang
diperoleh dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS), dan anggaran rutin
pemerintah. Rinciannya adalah dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sebesar Rp. 403.3200.000,- dan dari anggaran rutin Rp. 540.000.000,-
Ø Kelemahan
Sumbangan Bantuan Operasional Sekolah (BOS)
belum tentu untuk selamanya, mungkin saja terhenti. Kalau terjadi demikian kami
harus memungut dari orang tua siswa yang hanya masuk 70%, sehingga keberhasilan
KBM belum tentu maksimal.
Ø Ancaman
Kalau dari dana BOS terhenti, tentu sekolah
akan kekurangan dana. Kami tidak bisa mengikuti kegiatan-kegiatan siswa di luar
lingkungan sekolah yang banyak mengeluarkan biaya, contohnya : Kegiatan
Pramuka, lomba-lomba kependidikan, pelatihan/penataran untuk peningkatan
profesionalisme guru, dan lain sebagainya, sedangkan orang tua siswa
berpendapat bahwa menyekolahkan anak gratis.
Ø Peluang
Kami pihak sekolah dan komite sekolah akan
mengadakan musyawarah kembali untuk anggaran biaya yang dibutuhkan untuk
kegiatan belajar mengajar dan perbaikan atau pengadaan sarana prasarana
pendidikan.
- Organisasi
Ø Kekuatan
Kami
selalu mengadakan musyawarah dengan orang tua siswa tentang keberhasilan KBM,
dan kegiatan belajar mengajar dibantu oleh komite sekolah yang lebih dekat
dengan masyarakat sekitar sekolah untuk memberi masukan kepada orang tua agar
anaknya mengikuti ekstrakurikuler maupun kursus-kursus kependidikan lainnya
untuk kemajuan siswa.
Ø Kelemahan
Kalau komite sekolah kurang aktif mengajak
orang tua untuk memenuhi kebutuhan anak dan sekolah, visi dan misi sekolah sulit
untuk terlaksana dan tercapainya tujuan KBM yang efektif dan efisien.
Ø Ancaman
Siswa akan mengalami penurunan prestasi,
karena orang tua kurang peduli terhadap pendidikan anaknya. Kalau komite
sekolah dan masyarakat sudah tidak peduli kepada pendidikan, jumlah siswa baru
akan menurun, karena melihat sekolahnya kurang berhasil dalam prestasi dan
kondisi sarana dan prasarana pendidikan kurang menunjang.
Ø Peluang
Siswa
bisa bergaul dengan semua lapisan masyarakat. Setelah lulus dari SDN Pameungpeuk,
siswa diterima di sekolah lanjutan negeri maupun swasta, pondok pesantren,
kursus dan lainm lain.
- Lingkungan
Ø Kekuatan
Lingkungan sekolah kami sesuai dan cukup menunjang
bagi siswa untuk belajar dan ada di lingkungan pemukiman masyarakat, terjangkau
oleh transportasi karena ada di pinggir jalan raya dan memakai pintu gerbang.
Ø Kelemahan
Masih ada orang tua siswa atau masyarakat
yang kurang peduli terhadap kebersihan lingkungan. Contohnya menyimpan
barang-barang di depan sekolah dan makanan ternak di depan sekolah, sehingga
menimbulkan polusi udara ke dalam lingkungan sekolah, belum lagi banyak sampah
yang berserakan.
Ø Ancaman
Kenyamanan belajar siswa terganggu, keamanan siswa sangat rawan kecelakaan
karena sekolah berada di pinggir jalan raya.
Ø Peluang
Mengadakan komunikasi dengan masyarakat sekitar,
sehingga diupayakan untuk tidak terjadi lagi polusi udara di sekitar sekolah
dan sampah yang berserakan dan semua puhak yang terkait dalam pendidikan
diharapkan dapat menjaga keamanan sekolah.
F. Perpustakaan
Ø Kekuatan
Untuk menunjang perkembangan anak sudah barang tentu anak harus di topang
oleh buku sebagai sumber ilmu pengetahuan, maka kami membuka peluang untuk anak
didik kami supaya belajar gemar membaca yang telah kami sediakan di ruang
perpustakaan dengan menugaskan seorang tenaga pustakawan sebagai tenaga honor
sekolah sengaja kami lakukan untuk
mempasilitasi anak-anak di ruang perpustakaan.
Ø Kelemahan
Kelemahan yang kami hadapi adalah banyak anak yang masih kurang minat
baca sehingga pengunjung perpustakaan masih didominasi oleh anak-anak yang
senang dan gemar membaca saja. Kami sadari sepenuhnya karena masih kurangnya
sosialisasi dan memberi pengarahan bagaimana bermanfaatnya buku buat kita.
Ø Ancaman
Keterbatan koleksi
buku diperpustakaan tentunya menjadi kendala kami kedepan karena kalau anak
sudah senag membaca sedangkan koleksi buku tetap tidak berubah maka pengunjung
dalam hal ini anak-anak suatu saat akan jenuh dan bosan karena buku yang ada
monoton.
Ø Peluang
Kami akan selalu berusaha mengajukan permohonan bantuan buku kepada
pemerintah terkait dan kepada para pemerhati pendidikan
BAB III
RENCANA STRATEGI (RENSTRA)
- SDM
Ø
Kepala sekolah
Berusaha menambah ilmu salah satunya dengan
cara mengikuti penataran-penataran, seminar dan menempuh pendidikan yang lebih
tinggi.
Ø
Guru
Berusaha menambah ilmu pengetahuannya untuk
meningkatkan kualitas KBM, dengan cara mengikuti pendidikan yang lebih tinggi,
mengikuti penataran-penataran, pertemuan KKG di PKG, dan membaca buku-buku
penunjang yang sangat berguna, dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia
khususnya profesionalisme keguruan.
Ø
Siswa
Agar prestasi siswa meningkat, setiap upacara
hari senin selalu diingatkan oleh kepala sekolah dan guru-guru untuk lebih giat
belajar, juga dianjurkan untuk mengikuti kegiatan di lingkungan masyarakat, kursus-kursus
yang sesuai dengan kurikulum untuk menunjang prestasi siswa terutama
pengembangan bakat dan dan minat siswa.
- Sarana Prasarana
1.
Berusaha
mencari dana dari pihak lain, misalnya minta bantuan kepada perusahaan yang
sudah maju. Contohnya ke PT. Bio Farma yang sangat peduli pada pendidikan,
2.
Kepala
sekolah dan komite sekolah mengajukan anggaran kepada pemerintah untuk
mengganti atau merehab sarana dan prasarana yang kurang memadai.
3.
Mengajukan
proposal rehab ruangan, rehab berat tambahan lokal kepada pemerintah daerah dan
pusat..
- Finansial
Kepala sekolah dan komite sekolah berusaha
bermusyawarah dengan orang tua siswa, untuk meningkatkan mutu pendidikan
misalnya, mengikuti Lomba-lomba pendidikan, Namun tentu saja pengeluaran sekolah akan
bertambah , tetapi anggarannya tetap dialokasikan dan kami tuangkan ke dalam
RAPBS yang dananya diperoleh dari BOS dan mengusahakan adanya pihak lain yang sifatnya tidak
mengikat .
- Organisasi
Dalam meningkatkan kualitas sekolah, kami
akan mengadakan ekstra kurikurer, baik mata pelajaran pokok, kesenian,
olahraga, pramuka maupun pengembangan bakat dan minat siswa.
- Lingkungan
Kepala sekolah dan komite sekolah akan
mengadakan musyawarah untuk menertibkan dan penataan lingkungan dengan cara
menanam bunga, penghijauan dan pengecatan bangunan, pagar dan benteng sekolah.
BAB IV
RENCANA IMPLEMENTASI
- SDM
Ø
Kepala sekolah
Kepala sekolah berusaha menambah wawasan
pengetahuan dengan mengikuti penataran-penataran, musyawarah tentang
kependidikan dan membaca buku-buku tentang Peningkatan Mutu Total (PMT).
Ø
Guru
Guru ditugaskan untuk mengikuti pertemuan KKG
di PKG tingkat kecamatan yang membahas berbagai kepentingan belajar mengajar di
sekolah, salah satu fungsinya adalah bagi guru yang masih kurang memahami
tentang KTSP yang harus dilaksanakan
sesuai dengan tuntutan Kurikulum Kurikulum 2006. Dan juga dianjurkan untuk
membaca buku-buku penunjang, baik yang disesuaikan oleh sekolah maupun di luar
sekolah.
Ø
Siswa
Siswa dianjurkan untuk mengikuti kursus
Bahasa Inggris, mengikuti tambahan pelajaran bagi kelas enam untuk persiapan Ujian
Nasional, agar lulus ujian dan dapat meneruskan pendidikan ke tingkat yang
lebih tinggi, lulusan SDN Pameungpeuk setiap tahunnya 100 % dan yang diterima di SMP negeri sekitar 80%
sisanya di luar pendidikan non Formal seperti, Pondok Pesantren, dan lembaga
kursus.
- Sarana Prasarana
Kepala Sekolah dan Komite Sekolah selalu
berupaya untuk membangun sarana dan prasarana yang belum ada dan belum lenkap dan
hasilnya pada tahun 2014 hasil kerja komite di dukung oleh orang tua siswa
serta para alumni kami telah menyelesaikan Pavingisasi halaman, pembentengan
dan pembuatan Gapura Sekolah pada tahun ini kami bersama Paguyuban Orang tua
Siswa berencana membuat MCK dan Ruang Mushola. Semoga rencana kami dapat
terwujud dan terlaksana.
- Finansial
Dalam proses KBM, kami sangat memerlukan
dana, maka dengan adanya BOS,
kami dapat melaksanakan KBM dengan maksimal. Kami berharap alokasi dana BOS
untuk tahun ajaran selanjutnya bisa kami dapatkan secara ruti dan tepat waktu
agar proses belajar mengajar berjalan sebagaimana yang diharapkan.
- Kegiatan
Setiap tahunnya
kami mengadakan dan mengikuti kegiatan, diantaranya :
1.
Mengikuti PERSAMI dalam rangka HUT PRAMUKA
2.
Mengikuti Lomba CALISTUNG
3.
Lomba PORSENI,O2SN, dan Lomba tradisional OTRAD
4.
Lomba HUT PGRI
5.
Mengadakan Pekan Kreativitas Anak
6.
Mengadakan Pekan Olah Raga antar Kelas
7.
Mengadakan Pesantren Kilat bulan Ramadhan
8.
Memperingati Hari-hari Besar NAsional
9.
Memperingati Hari-hari Besar Keagamaan
10.
Mengadakan Karya Wisata.
11.
Setiap Hari kamis berpakaian adat Sunda
12.
Setipa pagi sebelum masuk mengadakan Senam Pagi
E. Lingkungan
Di lingkungan sekolah, siswa laki-laki
diwajibkan mengikuti shalat jum’at dan mencatat isi pembahasan dalam khutbah
jum’at, siswa kelas 4-6 diwajibkan membuat laporannya. Hari senin sampai dengan
rabu, siswa kelas 4-6 melaksanakan shalat duha secara bergantian. Pada hari
sabtu setelah istirahat siswa yang terpilih menjadi petugas upacara bendera,
diwajibkan berlatih. Begitu juga kelompok paduan suara harus berlatih. Kelas
yang bukan petugas upacara, mengadakan kegiatan operasi bersih (opsih) di
lingkungan halaman sekolah dan WC. Yang tidak punya tugas lain, siswa berlatih
pramuka.
BAB V
PENUTUP
Demikianlah
profil Sekolah Dasar Negeri Pameungpeuk sebagai bahan acuan dan pedoman kami
dalam rangka menyelenggarakan pendidikan yang sesuai dengan tuntutan Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), sebagai salah satu sistem dan teknik dalam
mencapai tujuan pembelajaran khususnya dan tujuan pendidikan nasional pada
umumnya. Kritik dan saran yang bersifat membangun, sangat kami harapkan demi
kesempurnaan profil ini pada khususnya, dan meningkatkan kualitas pendidikan
pada umumnya.
Terimakasih
kepada semua pihak yang telah membantu dan sumbang saran dalam penyusunan
Profil SD Negeri Pameungpeuk, Kami menyadari sepenuhnya bahwa penysunan baik kata maupun kalimat masih kurang baik
jauh dari sempurna, maka untuk itu kami segenap warga pendidik SD Negeri
Pameungpeuk mulai dari Kepala Sekolah Dewan Guru dan Komite Sekolah mohon maaf
atas segala kekurangan kami.
Pameungpeuk, 14 Juli 2014
Kepala
Sekolah
E. Suhendra,S Pd
NIP. 196501211986101003
No comments:
Post a Comment