Monday, 2 February 2015

PROPOSAL


RENCANA KEGIATAN PRAMUKA SDN PAMEUNGPEUK


PROPOSAL PERMOHONAN BANTUAN
PEMBANGUNAN MCK, MUSHOLA DAN SANITASI  SEKOLAH
SD NEGERI PAMEUNGPEUK
Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan kepada masyarakat serta sebagai salah satu prasyarat dalam mewujudkan harapan agar setiap lulusan yang dihasilkan semakin meningkat kualitasnya baik dari sisi pengetahuan, kepribadian maupun keterampilan diperlukan sarana dan prasarana yang layak untuk digunakan.Disamping itu agar warga pendidikan baik guru maupun peserta didik merasa nyaman,tentram dan aman selain itu  SD Negeri Pameungpeuk enak dilihat sedap di pandang.
Dalam proposal ini kami sampaikan segala aspek permasalahan yang mendorong kami mengusulkan untuk memohon bantuan dana dari Orang tua siswa, Alumni, Pemerintah setempat serta para pemerhati pendidikan. dalam rangka pelaksanaan program pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan.
Proposal ini disusun setelah mengevaluasi program yang sudah ada dan setelah musyawarah dengan pihak Guru, Komite Sekolah dan Tokoh Masyarakat serta orang tua siswa Oleh karena itu untuk memperjelas substansi dan langkah-langkah yang akan ditempuh dalam pelaksanaan pembangunan MCK, MUSHOLA dan SANITASI  Sekolah Dasar Negeri Pameungpeuk ini, kami lampirkan data-data tentang keadaan sekolah.
Demikian atas segala perhatian dan partisipasinya kami sampaikan terima kasih.
Proposal Permohonan Bantuan pembangunan MCK. Mushola dan sarana Sanitasi  Sekolah
A. Latar Belakang
Dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan di SDN Pameeungpeuk, Kecamatan Cisarua Kabupaten  Bandung Barat, maka SD Negeri Pameungpeuk berusaha untuk mendapatkan proses input dan output yang potensial serta memiliki peserta didik yang mampu mengadopsi Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi yang dapat dibanggakan,memiliki lulusan dengan predikat yang  sesuai dengan harapan dan Kebutuhan Masyarakat maupun Pendidikan.
Salah satu upaya yang dilakukan oleh SDN Pameungpeuk,  Kecamatan CisaruaKabupaten Bandung Barat  adalah  berusaha untuk melengkapi dan meningkatkan fasilitas demi menunjang proses kegiatan belajar mengajar. Ketersediaan sarana dan prasarana sekolah yang mencukupi serta layak untuk dipergunakan, berguna dan bermanfaat untuk tujuan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dapat berjalan dengan baik dan lancar.
SDN Pameungpeuk yang beralamatkan di Kp. Pameungpeuk Desa Pasirhalang Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat ini merupakan sekolah yang sudah lama  yaitu sejak jaman penjajahan Belanda di bangun pada tahun 1912,maka alhasil Alumni dari SD Negeri Pameungpeuk sudah banyak dan tentunya dengan Proposal ini ingin menggugah kembali kenangan masa lalu para Alumni dengan cara ikut berpartisifasi dalam rencana pembangunan MCK, Mushola dan sarana sanitasi Sekolah yang memadai.
B. Tujuan
Tujuan  pelaksanaan  pembangunan MCK, Mushola dan sarana Sanitasi   SDN Pameungpeuk, Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat  adalah sebagai berikut:
1.     Meningkatkan kondisi sarana dan prasarana pendukung sekolah sehingga secara fisik layak untuk mendukung pelaksanaan proses belajar mengajar.
2.     Memberikan kenyamanan dan keamanan dalam lingkungan sekolah.
3.     Memperbaiki layanan publik di bidang pendidikan, khusus prasarana belajar di sekolah.
4.     Mewujudkan pengelolaan pendidikan yang transparan, profesional dan akuntabilitas
5.     Menjadikan sekolah yang sehat dan bersih terhindar dari penyakit
6.     Menciptakan sekolah yang Agamis dan berbudaya.
C. Manfaat
Dengan membangun mck, mushola dan sarana sanitasi yang baik serta memadai dilingkungan SD Negeri Pameungpeuk, Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat  dapat diperoleh manfaat, antara lain:
1.     Kompleks sekolah akan terlihat lebih rapi, tertata, bersih dan indah.
2.     Kondisi kebersihan sekolah akan lebih nyaman dan aman, karena sebelumnya Mck yang ada tidak memadai dan kurang layak pakai
3.     Sebagai sarana kesehatan bagi warga sekolah
4.     Dapat dipergunakan secara teratur oleh warga sekolah
5.     Keamanan dan kesehatan siswa akan lebih terjamin
6.     Dengan adanya sarana mck, Mushola dan sanitasi yang memadai akan terlihat lebih nyaman,aman dan teratur untuk dipergunakan.
D. Rincian Rencana  Anggaran Biaya 
1.   Pengerjaan MCK  sebanyak 12 lokal                              Rp. 72.000.000
2.   Pembuatan Ruang Mushola di lantai atas                       Rp. 19.200.000
3.   Sarana Sanitasi (saluran air,Torn, tempat wudlu             Rp.10.000.000 
                  Jumlah  Total               Rp. 101.200.000
Terbilang : “seratus satu juta dua ratus ribu rupiah”
Demikian Proposal Permohonan Bantuan Dana untuk pembangunan mck, Mushola dan sarana sanitasi sekolah yang  dapat  kami ajukan atas perhatian dan bantuannya kami ucapkan terimakasih.


RENCANA ANGGARAN BIAYA
I.                   PEMBANGUNAN MCK, MUSHOLA DAN SANITSI SEKOLAH

1.                 Pembangunan MCK  sekolah
1.1            MCK yang akan di bangun sebanyak 12 lokal
Terdiri dari :
1.1.1    5  lokal MCK siswa laki-laki
1.1.2    5  lokal  MCK siswa perempuan
1.1.3    1  lokal  MCK guru laki-laki
1.1.4    1  lokal  MCK guru perempuan
1.1.5    1  lokal  tempat cuci tangan  dengan 5 kran

2.                 Ruang Mushola  Sekolah
2.1     Ruang Mushola akan dibangun dilantai atas MCK
Terdiri dari :
2.1.1  1 lokal  ruang Mushola ukuran 10 m x 5 m
2.1.2  1 lokal ruang peralatan keagamaan 3m x 2 m
2.1.3  Tempat Wudlu dengan titik air 5 kran
2.1.4  Pasilitas lainnya tempat ruang baca & rak sepatu

3.                 Sanitasi dan sarana pendukung lainnya
3.1     Saran sanitasi dan pendukung lainnya terdiri dari
3.1.1   Saluran air dan pembuangan
3.1.2  Instalasi air
3.1.3  Bak penampungan air dan torn yang memadai
3.1.4  Mesin pompa air


Jumlah total Anggaran adalah :
1.                 MCK                                      :        Rp. 72.000.000,00
2.                 Mushola                                 :        Rp. 19.200.000,00
3.                  Sanitasi dll                            :        Rp. 10.000.000,00

Jumlah total                                       :        Rp.101.200.000,00

  
E.      SUMBER DANA
          Sumberdana  diharapkan  dari warga sekolah, alumni, Pemerintah,  perusahaan,    donasi atau  simpatisan pemerhati Pendidikan
1.            Dari jumlah total anggaran Rp. 101.200.000,00 ( seratus satu juta dua ratus ribu rupiah ) Dalam hal ini kami selaku panitia mengharapkan sekali partisifasi peran serta dan dukungan dari semua pihak, terutama dari para orang tua siswa dan Alumni SDN Pameungpeuk untuk peduli demi kelangsungan dan kelancaran pembangunan yang telah kami rencanakan tersebut diatas.

2.        Kami harapkan dari Pemerintah baik Pemerintahan Kabupaten Bandung Barat maupun Pemerintahan Provinsi Jawa Barat.

3.                 Dari Perusahaan baik perusahaan Pemerintah, BUMN atau Swasta

4.                 Dari pihak pihak Donasi pemerhati Pendidikan

Perkiraan sumber dana dari orang tua siswa, sebagaimana yang telah disepakati bersama pada waktu pertemuan antara Komite Sekolah dan seluruh orang tua siswa yang dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 24 Desember 2014 bertempat di SDN Pameungpeuk jalan Pasirhalang No 28 Kecamatan Cisarua disepakati : Memberikan sumbangan sebesar Rp.1000,00 ( seribu rupiah ) per minggu dititipkan melalui peserta didik.

Perkiraan pendapatan perminggu adalah sebagai berikut :

KELAS
BANYAKNYA
ORANG TUA
BESARNYA
BANTUAN
JUMLAH
UANG
1.
81  Orang
Rp.   1.000
Rp.  81.000
2.
      83   Orang
Rp.   1.000
Rp.  83.000
3.
83  Orang
Rp.   1.000
Rp.  83.000
4.
      78  Orang
Rp.   1.000
Rp.  78.000
5.
95  Orang
Rp    1.000
Rp.  95.000
6.
82  Orang
Rp    1.000
Rp.  82.000
Jumlah
502 Orang
Rp.   10.000
Rp.  502.000

Analisa pendapatan :
1.                 Pendapatan per minggu                           Rp.       502.000
2.                 Pendapatan perbulan                               Rp.    2.008.000
3.                 Pendapatan pertahun                               Rp.  24.096.000
4.                 Untuk mencapai target Rp. 101.200.000   maka diperlukan waktu sekitar  5 tahun.
                  
F.             Mekanisme pengumpulan dana

1.     Dibuat kordinator pengumpul dana
2.     Dihimpun di bendahara umum panitia
3.     Pengumpulan dan penggunaan anggaran secara tranfaran
4.  Dilaporkan dan diketahui oleh kepala sekolah, komite sekolah kemudian dipublikasikan kepada masyarakat atau Donasi.

F.      PANITIA
      1.       Panitia dibentuk berdasarkan hasil musyawarah Komite  Sekolah dan tokoh masyarakat yang disaksikan oleh unsur dari Sekolah yaitu Kepala Sekolah dan guru.

    2.       Dalam kepanitiaan ini guru bersifat sebagai pengawas pelaksanaan  pembangunan, kepanitiaan inti seluruhnya ditangani oleh komite sekolah atau masyarakat.

5.                 Banyaknya panitia disesuaikan dengan kebutuhan, dan koordinator pelaksana pemasukan dana diharapkan di bentuk berdasarkan kemauan dan kepedulian terhadap sekolah.

6.                 Panitia dalam melaksanakan tugasnya diharapkan penuh dengan tanggungjawab dan tidak mengharapkan imbalan apaun dari pekerjaannya sebagai panitia.

SUSUNAN  PANITIA

1.                 Penasehat/Pembina       : E. Suhendra,S.Pd (Kepala Sekolah)
2.                 Penanggungjawab          : Caca Herdiana SE. ( Ketua Komite )
3.                 Ketua Pelaksana           : Cunaliah (Orang tua siswa kelas 5 A)
4.                 Sekretaris                      : Eka Sukaesih ( Orang tua siswa  2 A)
5.                 Bandahara                     : Lilis Yuliasih( Orang tua siswa 6 B )
6.                 Anggota                          : Mamah Dani ( orang tua siswa 6 B )
                                                      Isum Suminar( orangtua siswa 6 B )
                                                      Yeni  ( orang tua siswa kelas ….)
                                                      ……………………………………….
                                                      ……………………………………….
                                                      ……………………………………….

         
G.      PELAKSANAAN
          1.       Pelaksanaan pembangunan MCK di mulai perkiraan   
                   Tanggal 2 Maret 2015
                   Dengan mekanisme pekerjaan di kerjakan dan disesuaikan
          Dengan kondisi keuangan di Kas Panitia

3                   Pelaksanaan tahap tahap berikutnya dapat dikordinasikan oleh panitia dengan komite sekolah bersama pihak sekolah.

4                   Pengadaan barang kebutuhan sepenuhnya dilaksanakan oleh panitia.

H.      PENUTUP
          Demikianlah Rencana Pelaksanaan Kegiatan pembangunan  di SDN Pameungpeuk, besar harapan kami pihak-pihak yang sudah kami        sebutkan diatas untuk ikut berpartisifasi dalam rencana pembangunan tersebut.

                                                                              Cisarua, 2 Pebruari 2015
                       Ketua                                                            Sekretaris




                     Cunaliah                                                      Eka Sukaesih 


                                                          Mengetahui
                 Kepala Sekolah                                              Ketua Komite Sekolah




                E. Suhendra, S Pd                                               Caca Herdiana, S.E

Berita terkait dengan kegiatan di SDN Pameungpeuk
Kegiatan berpakaian Adat Sunda di Hari Kamis Geulis 
Study Wisata Kelas 6 ke Gua Pawon Cipatat
Administrasi Pembelajaran Kelas 6 Kurikulum 2006 ( KTSP ) 

No comments: